-->

Download Aplikasi Bansos Agar Dapat Bantuan BPNT, PKH

Aplikasi ini resmi buatan Kementerian Sosial Republik Indonesia, jadi tidak usah takut terkena malware, karena di Google Playsore banyak sekali aplikasi dengan nama dan bentuk serupa yang kemungkinan sangat berbahaya bagi ponsel Anda.

Apabila aplikasi Cek Bansos sudah terinstal di HP, Anda sudah dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu untuk membuat User ID. Agar Anda tidak salah dalam instalasi Aplikasi Cek Bansos tersebut ada baiknya ikuti langkah dibawah ini: 

Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Aplikasi Cek Bansos ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara umum untuk dapat melihat kepesertaan masyarakat pada program bantuan sosial seperti:BPNT, BST, dan PKH.  Masyarakat dapat melihat daftar siapa saja penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya, dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak dimata Anda, dengan tentunya menyebutkan alasan yang sebenarnya.

Cara Daftar Akun di Aplikasi Cek Bansos

  • Sebelum melakukan pendaftaranakun, lebih baik siapkan KTP dan KK karena nanti dibutuhkan saat proses daftar seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, Alamat, nomor Hp yang aktif dan juga email untuk proses verifikasinya;
  • Setelah melakukan pendaftaran, untuk keamanan masyarakat akan diminta untuk mengupload foto KTP dan juga swafoto dengan KTP;
  • Setelah berhasil, maka tinggal menunggu kode verifikasi yang dikirimkan ke email, masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah disediakan; 
  • Anda sampai disini sudah berhasil membuat akun dan sekarang tinggal menunggu proses verifikasi data oleh petugas., sebagai calon penerima bantuan dari kementrian sosial.
Apalagi sekarang ini banyak sekali ditemukan dilapangan, bansos tersebut tidak sampai pada mereka yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan tersebut. Yaitu mereka yang disebutkan sebagai masyarakat golongan tidak mampu.

Walau memang untuk sekarang ini akan sangat susah membedakan mana masyarakat miskin dan masyarakat mampu, karena tidak bisa dilihat secara kasat mata misal dari rumah, atau kepemilikan lainnya. Untuk itu dengan adanya Aplikasi cek Bansos ini diharapkan masyarakat bisa memberikan masukan kepada pemerintah, untuk perbaikan data.